Sekolah
|
:
|
MTS AL-MISBAH
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Metode Mengajar
|
:
|
Metode Ceramah Plus
|
Metode Pembelajaran
|
:
|
Metode Diskusi, Metode Kerja
Kelompok Kecil
|
Strategi Pembelajaran
|
:
|
Strategi Pembelajaran Cooperative Learning
|
:
|
1. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris,
resensi dan karangan.
|
|
Kopetensi Dasar
|
:
|
1. Menyunting karangan dengan berpedoman ejaan, tanda
baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf dan kebulatan
wacana.
|
Indikator
|
:
|
1. Siswa mampu menemukan kesalahan ejaan, pilihan kata,
keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana.
2. Siswa mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan
kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf dan kebulatan wacana.
3.
Siswa mampu membuat karangan dengan benar.
|
Waktu
|
:
|
2 X 35 (70) Menit
|
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyunting
karangan dengan berpedoman ejaan, tanda baca pilihan kata, keefetkifan
kalimat, keterpaduan paragraf dan kebulatan wacana.
B. Materi Pembelajaran
1.
Membaca teks karangan.
2.
Menemukan kesalahan ejaan dan memperbaiki kesalahan.
3.
Membuat karangan dengan benar.
C. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal :10 Menit
a. Guru mengucapkan salam pembuka.
b. Guru
mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
c. Guru
memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan dengan menyampaikan tujuan pembelajaran.
d. Guru
bertanya pada siswa tentang cara menyuting karangan dengan berpedoman pada
ketepatan ejaan.
2. Kegiatan Inti : 45 Menit
- Guru menerangkan tentang cara menyunting karangan dengan berpedoman ketepatan ejaan.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil.
- Guru memberi tugas kelompok.
- Masing-masing kelompok disuruh membuat sebuah karangan tentang kejadian yang ada disekitar mereka.
- Masing-masing kelompok saling bertukar karangan.
- Masing-masing kelompok menyunting hasil karangan kelompok lain.
- Masing-masing kelompok diharuskan ada satu siswa yang mewakili kelompoknya dalam menjelaskan hasil kerja kelompoknya.
3.
Kegiatan Akhir : 15 Menit
- Evaluasi
- Kritik dan Saran
- Penutup
D.
Penilaian
Guru menilai dari
keaktifan siswa dalam kerja kelompok dan hasil kerja kelompok.
0 komentar:
Posting Komentar